Home » » Danau Beratan Bedugul, Tabanan, Bali

Danau Beratan Bedugul, Tabanan, Bali

Danau Beratan Bedugul, Tabanan, Bali – Danau Bratan adalah objek wisata alam di pulau Bali tepatnya di daerah Bedugul, Tabanan, Bali, yang termasuk 20 danau terindah di dunia atau The World's 20 Most Beautiful Lake menurut www.huffingtonpost.com.

Keindahan alam danau Bratan semakin memikat para wisatawa dengan adanya sebuah pura yang berada ditengah-tengahnya yaitu pura Ulun Danau Bratan. Sehingga, Danau Beratan ini sangat dikenal sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Bali yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Danau Beratan Bedugul, Tabanan, Bali
Danau Beratan, Bedugul, Tabanan, Bali

Daya tarik utamanya adalah udara pegunungan yang bersih, sejuk dan segar dengan pemandangan alam  yang indah serta suasana tenang dan jauh dari kebisingan kota sehingga menjadikan tempat ini menjadi objek wisata di Bali yang populer.

Danau Beratan juga memiliki fasilitas dan wahana permainan yang sangat lengkap, mulai dari akomodasi yang memadai seperti hotel, villa, restoran untuk kenyamanan pengunjung serta beberapa  permainan air seperti parasailing, kano ataupun jetski.

Danau Bratan berada diatas ketinggian ± 1240 m diatas permukaan laut, maka temperatur udara di kawasan danau Beratan  atau pada area Bedugul berada kurang lebih 18° C pada malam hari dan ± 24° C pada siang hari. Sehingga udaranya dingin pada malam hari dan sejuk pada siang harinya.

Setelah Danau Batur yang berfungsi berfungsi sebagai sumber utama irigasi wilayah di bagian tengah pulau Bali, Danau Bratan merupakan danau terluas dan terbesar kedua di Bali. Dengan luas sekitar 375.6 hektar dan kedalaman antara 22 hingga 48 meter dengan luas keliling sekitar 12 km.

Lokasi Danau Beratan

Danau Beratan atau Bratan atau juga disebut Danu Bratan berada di kawasan wisata Bedugul, desa Candikuning, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan, Bali. Jaraknya, sekitar 55 km dari kota Denpasar. 

Pura Ulun Danau Beratan

Pemandangan indah yang melengkapi pesona Danau Bratan adalah Pura Ulun Danau Beratan yang terletak ditengah danau dan pura kuno ini dibangun sekitar awal abad ke-17 dengan tujuan sebagai tempat peribadatan umat Hindu di Bali.

Waktu terbaik menikmati keindahan Pura Ulun Danu Bratan ini adalah di pagi hari ketika matahari terbit dan kabut masih menyelimuti sebagian dari gunung, maka pantulan bayangan dari pura Ulun Danu terlihat sangat menakjubkan dari permukaan air danau Beratan.

Satu perpaduan yang sangat serasi dan indah.

Keberadaan Pura Ulun Danu di danau Bratan ini mengingatkan pada pura yang ada di Pantai Balekambang, Malang.

Hal Menarik di Danau Bratan Bedugul

Spot Foto Unik, Menarik dan Instagramable

Salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan saat berlibur ke danau Beratan Bedugul adalah berfoto dengan latar belakang Pura Ulun Danu. Dan, pemandangan yang paling menarik yang dapat kita lihat disini adalah fenomena keberadaan kabut. Datang dan pergi menyelimuti area danau. Saat kabut turun, maka area pura, danau serta pemandangan bukit akan berselimut kabut.

Naik Speed Boat Danau Beratan

Berkeliling Danau Beratan dengan menyewa perahu, speed boat atau kano sehingga dapat menikmati pemandangan danau dari jarak dekat, juga merupakan hal menarik saat berwisata di danau ini.

Harga Tiket Masuk Pura Ulun Danu Bratan 2019

Apabila kita hanya ingin melihat pemandangan danau Beratan dari jauh saja, dan tidak ingin memasuki area pura Ulun Danu Beratan. Maka kita dapat berhenti dipinggir Jalan Raya Candi Kuning Bedugul, lalu  dari pinggir jalan ini, kita dapat melihat dengan jelas pemandangan danau Beratan Bedugul.

Akan tetapi, jika ingin masuk ke areal Pura Ulun Danu Bratan, lalu berfoto dengan latar belakang pura di tengah danau, dikenakan biaya tiket masuk sebesar :
  • Rp 20,000 / 1 dewasa.
  • Rp 15,000 / 1 anak.
  • Biaya parkir Rp 2.000 / 1 sepeda motor
  • Biaya parkir Rp 5,000 / 1 mobil.
  • Untuk biaya parkir bus Rp 10,000/bus.


Harga Sewa Speedboat Keliling Danau Beratan Bedugul
  • Speedboat dengan kapasitas 4 orang, Rp 100,000 / 1 kali putaran.
  • Speedboat dengan kapasitas 8 orang, Rp 185,000 / 1 kali putaran.
Catatan : Harga tiket masuk dan sewa speedboat, sewaktu-waktu dapat berubah sesuai kebijakan pengelolah. Dan, harga ini adalah harga untuk wisatawan domestic.



0 komentar:

Posting Komentar